Syarat dan Cara Mudah Lapor Pajak Online

Sebagai warga negara Indonesia yang telah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP), maka wajib melaporkan Surat Pemberian Tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh), baik itu orang pribadi maupun badan atau perusahaan. Surat Pemberian Tahunan (SPT) merupakan surat yang digunakan untuk melaporkan perhitungan pajak, harta, objek pajak, penghasilan atau kewajiban pajak lainnya.

Perlu Anda tahu bahwa, lapor SPT Tahunan untuk jangka waktu satu tahun pajak, dibuka sampai 31 Maret untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April untuk Wajib Pajak Badan. Misalnya untuk pajak Tahunan tahun pajak 2019, maka sebagai seorang wajib pajak orang pribadi, dapat melapor ke kantor pajak maupun secara online sampai 31 Maret 2020.

Syarat Lapor Pajak

Untuk melaporkan SPT pajak, memerlukan syarat-syarat tertentu. Setelah syarat terpenuhi, barulah Anda bisa melakukan lapor pajak. Untuk melaporkan SPT pajak bisa dilakukan secara langsung ke kantor pajak maupun online. Lapor pajak online disediakan untuk memudahkan proses lapor pajak tanpa harus keluar rumah.

Orang yang bisa membuat lapor pajak adalah yang terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP).

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) merupakan tanda seseorang sudah kena Wajib Pajak. Jadi, kalau Anda sudah mempunyai NPWP, wajib untuk melaporkan SPT pajak tahunan. Namun, ada berkas yang harus dipenuhi agar dapat melakukan tahapan pelaporan SPT Tahunan.

Sebagai Wajib Pajak orang pribadi, Anda butuh berkas berupa laporan keuangan. Untuk Wajib Pajak pelaku UMKM, memerlukan Perhitungan Peredaran Bruto dan Pembayaran. Sedangkan, Wajib Pajak karyawan, memerlukan berkas Bukti Potong Formulir 1721 A1 untuk karyawan swasta dan 1721 A1 untuk pegawai negeri. Proses pelaporan pajak tersebut, sekarang sudah bisa melalui aplikasi lapor pajak online.

Jika Anda belum memiliki NPWP, maka belum bisa melaporkan SPT pajak tahunan. Hal demikian, karena NPWP adalah nomor yang diberikan untuk Wajib Pajak sebagai sarana administrasi perpajakan. Maka, Anda harus memiliki NPWP terlebih dahulu sebagai identitas Wajib Pajak. Setelah itu barulah bisa mengurus lapor pajak melalui cara online.

Cara Lapor Pajak Online

Anda bisa melakukan lapor pajak online dengan mudah melalui Klikpajak, yaitu dengan menggunakan e-Filling yang telah terintegrasi di Klikpajak sebagai Application Service Provider (ASP) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak. Nah, sebelum Anda lapor pajak, pastikan sudah mendaftarkan EFIN Anda. Ikuti langkah-langkah lapor pajak berikut ini dengan benar:

-Masuk terlebih dahulu ke menu Add-Ons, lalu klik "Buka" pada aplikasi.

-Silakan masuk ke tab Lapor Pajak.

-Selanjutnya, masukkanlah file CSV yang didapat dari aplikasi e-SPT atau e-Faktur di field yang tersedia.

-Jika file CSV tersebut telah valid, maka akan muncul informasi Jenis SPT, NPWP, Masa Pajak, dan keterangan pembetulan.

-Jika pajak yang terkait sudah lunas dan tersimpan di Klikpajak, maka pajak akan dimunculkan oleh sistem.

-Silakan Anda pilih pajak yang ingin dilaporkan dalam pelaporan SPT, lalu klik "Lapor pajak terkait".

-Jika sistem tidak menemukan pajak terkait di pembayaran Klikpajak, maka silakan langsung menuju tahap memasukkan file lampiran PDF yang ingin ikut dilaporkan di field yang tersedia.

-Apabila Anda sudah yakin dengan data pajak yang akan dilaporkan, maka klik "Laporkan".

-Nanti Anda akan menuju ke halaman Status Pelaporan. Anda bisa melihat status SPT yang baru saja dilaporkan pada baris teratas.

-Jika laporan SPT sudah berhasil, maka akan muncul NTTE.

-Berikutnya, Anda akan mendapatkan BPE yang dikirimkan melalui email yang terdaftar di Klikpajak.

-Anda bisa melihat kembali riwayat laporan dengan pilih "Arsip Pajak".

-Jika Anda ingin melakukan perbaikan untuk pajak yang sudah dilaporkan, bisa kembali ke tab Lapor Pajak dan unggah CSV SPT perbaikan Anda.

Nah, itulah syarat dan cara lapor pajak secara online dengan mudah dan terpercaya. Klikpajak melayani lapor pajak dengan cepat dan tanpa ribet. Apalagi sekarang e-Filling pajak online Klikpajak telah menggunakan berisi terbaru. Anda dapat langsung lapor pajak PPN, PPh 23/6 dan SPT Tahunan Badan tanpa harus upload CSV dari aplikasi desktop.

Demikianlah ulasan mengenai syarat dan cara lapor pajak online di Klikpajak. Proses pelaporan pajak menjadi mudah dan cepat melalui Klikpajak. Anda tidak harus repot-repot pergi ke kantor perpajakan untuk mengurusnya. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda semakin mudah mengurus lapor pajak.

Previous
Next Post »