Berikut ini Pengertian Deposit

Kita pasti sering mendengar istilah deposit. Terlebih lagi ketika akan membuka rekening baru diharuskan untuk menyetorkan uang dengan minimum tertentu. Ketentuan setoran awal di setiap bank berbeda. Setoran awal ini disebut deposit. Mengutip infomasi dari investopedia, deposit adalah uang yang disimpan di bank.

Dalam dunia perbankan uang yang disetorkan masih tetap menjadi hak orang tersebut, mereka dapat melakukan berbagai transaksi keuangan. Transaksi tersebut seperti mentransfer uang ke rekening lainnya, membeli barang hingga dapat ditarik kembali melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Saat ini deposit juga tidak hanya dapat dilakukan di bank saja, tetapi telah hadir berbagai macam akun digital. Ada banyak tempat penyimpanan uang melalui akun digital yang syaratnya semakin mudah hanya dengan menyetor deposit. Awal setoran ini tidak memberatkan masyarakat, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Akun digital ini pun telah berada di bawah pengawasan BAPPETI dan OJK. Tetapi tetap perlu hati-hati dalam memilih akun digital ini, harus di cek dulu telah terdaftar di BAPPETI atau OJK.

Selain itu, deposit juga mempunyai pengertian lain yaitu sebagai jaminan transaksi pengiriman atau pembelian barang. Di era saat ini apabila ingin melakukan sebuah transaksi pembelian barang perlu memberikan setoran uang di awal. Hal ini perlu dilakukan karena dianggap sebuah niat baik, serta tanda kesepakatan transaksi tersebut.

Contohnya yaitu ketika seseorang akan mengkontrak sebuah rumah, umumnya pemilik rumah akan meminta deposit di awal sebagai tanda jadinya transaksi. Biasanya ada beberapa ketentuan yang telah disepakati antara kedua belah pihak, seperti apabila transaksi dibatalkan  uang muka hanya bisa dikembalikan separuh. Ada juga yang tidak menerima pembatalan transaksi, sehingga deposit tidak dapat dikembalikan.

Hampir semua transaksi apapun saat ini menggunakan deposit. Hal ini juga untuk menghindari resiko dirugikan untuk kedua belah pihak. Itulah beberapa pengertian dan pemahaman tentang deposit. Oleh karena itu, deposit adalah suatu hal yang harus ada dan penting untuk sebuah transaksi sebagai jaminan kesepakatan.

Newest
Previous
Next Post »